News & Events

2006
28
02\2013

Sepatu Boot Karet – Jenis Sol pada Sepatu Boot

Sepatu boots karet merupakan alat pelindung kaki yang bisa digunakan di lingkungan ekstrem. Sepatu boots karet yang baik harus mampu melakukan fungsinya untuk:

  • Untuk mencegah tergelincir.
  • Untuk mencegah tusukan.
  • Tahan terhadap sengatan listrik.

Sepatu jenis ini biasanya digunakan untuk keselamatan atau safety. Di pasaran, ada beberapa jenis material atau bahan yang digunakan untuk menopang sepatu tersebut. Ada sepatu yang dibuat dari bahan upper cap dari kulit sapi asli atau bahan sintesis serta mitasi. Untuk sol biasanya digunakan dari bahan karet atau rubber, PU (polyrethine), PVC atau TPR. Berikut ini kelebihan masing-masing sepatu safety dengan sol tertentu:

  • Rubber sole. Sepatu boots karet mempunyai kelebihan lebih kuat dan lentur daripada bahan lain. Biasanya di samping sole ditambah dengan jahitan yang dilem dan dipress. Selain itu, sol dengan bahan ini juga tidak ada kadar expired-nya.
  • PU (polyrethine). Kelebihan bahan ini adalah daya tahannya terhadap minyak (oil resistant), lebih ringan dan anti slip. Kekurangannya adalah mempunyai expired date. Jadi jika sudah lama tidak dipakai akan mudah hancur.
  • TPR (Thermo Plastic Rubber). Bahan ini adalah campuran dari rubber dan plasti. Kelebihan yang dimiliki adalah lebih keset jika digunakan di tempat yang ada airnya dan lebih ringan walaupun kurang elastis.
  • PVC (Plyvinyl Chloride). Sepatu boot karet yang satu ini merupakan campuran dari bahan plastic dan sedikit karet. Sepatu ini mempunyai kelebihan sol yang lebih ringan dank eras. Untuk kekurangannya adalah kurang elastis dan licin.

Jadi, sepatu dengan bahan manapun yang Anda pilih, pastikan Anda memilih sepatu safety merk AP Boots yang akan menjamin kenyamanan dan keamanan kaki Anda selama beraktivitas dan bekerja. Selain mempunyai kualitas yang mumpuni, sepatu AP Boots juga mempunyai daya tahan yang lebih lama dan harganya pun lebih terjangkau.